Image of Kualitas mutu pendidikan

Text

Kualitas mutu pendidikan



Pengembangan SDM dalam lembaga pendidikan patut mendapat perhatian serius. Karena itu, mutu pendidikan di Indonesia terarah pada pengembangan karakteristik dari berbagai aspek kehidupan. Kesemuanya ini diarahkan pada kompetisi globalisasi dunia. Sepertinya, revolusi industri 4.0 membutuhkan keberanian dan ketangguhan semua stakeholder dalam menbangun kompetensi guru, kepribadian sosial bahkan profesionalisme pendidik (guru). Pengembangan Cyber Pedagogy merupakan penggagas IPTEK yang harus dikuasai seorang pendidik supaya dianggap memiliki kompetensi dalam mengajar dan mentransfer teknologi tepat guna. Era revolusi industri 4.0 adalah suatu perubahan kondisi yang telah diselimuti teknologi Internet of Things (IoT). Trend yang dikemukakan di era society 5.0 dirumuskan keberadaan masyarakat dalam mengintegrasikan ruang maya dan ruang nyata. Ada 4C yang meningkatkan kualitas hidup manusia, antara lain: keterampilan critical thinking, communication, creative thinking and collaboration. Pada era revolusi industri 4.0 selalu membuat individu-individu terkoptasi dengan kondisi yang saling mendisrupsi akibat pesatnya perkembangan teknologi digital. Upaya meningkatkan kualitas keterampilan berteknologi perlu tampil yang terbaik, unggul dan mumpuni. Di era society 5.0 sepertinya perlu dibangun potensi dasar berliterasi agar berbagai komponen masyarakat melek teknologi. Perspektif ini perlu menjadi nuansa penting bagi dunia tulis menulis dengan pemanfaatan teknologi digital.

Peningkatan kualitas mutu pendidikan merupakan suatu keharusan dan untuk mewujudkannya diperlukan upaya perbaikan di segala bidang yang menunjang dunia pendidikan itu sendiri. Pentingnya kualitas mutu pendidikan merupakan yang terdepan dan menjadi pusat pelaksanaan pembelajaran. Buku ini membahas tentang upaya yang dilakukan secara teratur, bertahap dan konsisten untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pemenuhan standar nasional pendidikan. Kondisi satuan pendidikan yang berbeda menuntut setiap satuan pendidikan menyusun program dan strategi sesuai dengan karakteristik sekolah dan kebutuhan stakeholders

Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:

Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Diskusi Wacana (Dasar Kualitas, Kualitas, TQM, Guru, KItemark dsb)
Bab 3 Upaya dan semangat membangun formasi kerja guru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0
Bab 4 Kesimpulan


Ketersediaan

SR 011558379.158 ARJ kPerpustakaan Hamzah Ya'qub (Sirkulasi)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
379.158 ARJ k
Penerbit Deepubish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
vi + 179 hlm, 24,7 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230254420
Klasifikasi
379.158
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this