Detail Cantuman
Text
Metodologi pembelajaran pendidikan agama islam
Secara etimologi, kata metode berasal dari bahasa Yunani yaitu meta yang berarti yang dilalui dan hodos yang berarti jalan, yakni jalan yang harus dilalui. Secara harfiah, metode adalah cara yang tepat untuk melakukan sesuatu. Dalam bahasa Arab, metode disebut thariqah yang berarti jalan atau cara. Demikian pula menurut Mahmud Yunus, thariqah adalah perjalanan hidup, hal, mazhab, dan metode Dalam bahasa Inggris, metode disebut method dan way. Keduanya diartikan cara, sebenarnya yang lebih cara adalah way bukan method. Sebab, metode meru layak diterjemahkan pakan istilah yang digunakan untuk mengungkapkan pengertian tentang cara yang paling tepat dan cepat dalam melakukan sesuatu.
Metode pada dasarnya merupakan cara atau jalan yang harus dilalui oleh pendidik untuk mencapai suatu tujuan pendidikan. Metode juga dapat diartikan sebagai sebuah langkah atau teknis bagaimana materi atau bahan yang diberikan dapat dicerna oleh siswa sehingga tujuan dari sebuah pembelajaran dapat tercapai. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar dalam membuat orang menjadi beragama yakni membuat orang meyakini, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama Islam. Metodologi pembelajaran PAI adalah ilmu yang membahas tentang cara untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai ajaran Islam dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Al-Qur'an dan hadis.
Buku Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah buku yang mengupas metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran sehingga mahasiswa menguasai metode yang inovatif dan kreatif. Dengan demikian buku ini dapat membantu mahasiswa dalam memahami konsep, teori, dan aplikasi metode pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan.
Pembahasan buku ini meliputi Metodologi Pembelajaran PAI, Pola Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran PAI, Metode Pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, dan Teori Pembelajaran.
Ketersediaan
SR011659 | 2X7.3 ANI m | Perpustakaan Hamzah Ya'qub (Sirkulasi) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
2X7.3 ANI m
|
Penerbit | Bumi Aksara : Jakarta Timur., 2023 |
Deskripsi Fisik |
xii + 185 hlm, 23 cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
9786233286398
|
Klasifikasi |
2X7.3
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Ed. Rev, Cet.1
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain